Begini Resep Bubur Kacang Merah Manis nan Nikmat

Siapa yang tidak suka bubur kacang merah manis? Bubur kacang merah manis enak sangat cocok disajikan dengan sagu mutiara di dalam air santan. Rasanya yang manis dan gurih akan bersatu untuk siap menggoyang lidah Anda. Apalagi jika bubur kacang merah nikmat ini disajikan selagi hangat, maka orang yang sedang tidur pun akan terbangun dengan aromanya. Di bawah ini ada Resep Bubur Kacang Merah Manis yang gampang diikuti dan dicoba di rumah. Bubur kacang merah lezat lembut ini cocok untuk siapa saja, tua atau muda, laki-laki atau perempuan.

Buat Anda yang punya anak bayi ataupun balita, bubur kacang merah ini juga bisa digunakan sebagai Mpasi / Makanan pengganti air susu ibu. Bubur kacang merah mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan bayi.

resep bubur kacang merah manis » Begini Resep Bubur Kacang Merah Manis nan Nikmat

Bahan-bahan yang diperlukan :

  1. 1 mangkuk kacang merah. Pilih kacang merah dengan kualitas bagus.
  2. 6 gelas air untuk merebus.
  3. 2 gelas santan kelapa yang sudah matang atau direbus.
  4. kulit jeruk segar atau kulit jeruk kering. Bisa dengan kulit jeruk nipis.
  5. 3 sdm gula pasir.
  6. 1/2 gelas sagu mutiara

Cara membuat bubur kacang merah manis

  1. Rendam kacang merah dalam air selama semalam.
  2. Masukkan gula, kacang merah yang sudah direndam, dan kulit jeruk ke dalam air dan rebus hingga mendidih. setelah mendidih, kecilkan api dan masak hingga kacang merah bertekstur lembut.
  3. Setelah lembut, angkat dan buang kulit jeruknya. Haluskan dengan blender atau food processor lain hingga benar-benar lembut dan smoothie.
  4. Rebus sagu mutiara di dalam air mendidih selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, biarkan di dalam panci tertutup selama 15 menit.
  5. Keluarkan sagu mutiara dan siram dengan air dingin lalu diamkan selama 1 menit agar sagu tidak lengket.
  6. Tata bubur kacang merah di dalam mangkuk dengan sagu mutiara. Setelah itu tuang santan kelapa matang.
  7. Bubur kacang merah siap dihidangkan.

Mudah bukan? Siapa saja bisa membuatnya karena sangat mudah. Selain itu, bubur ini cocok dikonsumsi ketika hujan atau sore-sore yang mendung, karena disajikan panas dan bisa menghangatkan tubuh.